I. A. MICROSOFT WORD
Secara umum Microsoft
Word mempunyai fungsi sebagai word processing yaitu membuat,
mengedit, dan memformat dokumen. Microsoft word adalah program/aplikasi
yang berfungsi untuk mengolah naskah paragraf, kalimat, kata, karakter. Jadi
semua bisa menggunakannya microsoft word untuk membuat sesuatu misalnya, draft
Surat, Koran, Naskah, Makalah, Skripsi, Laporan,dll.
II. B. MICROSOFT EXEL
Microsoft excel adalah berupa text, angka/number, statistik, grafik yang
berhubungan dengan perhitungan angka. Di dalam Excel dengan mudah menjumlahkan,
mengkalikan, membagi, serta melalukan berbagai operasi hitung matematika dasar.
Selain itu terdapat juga fungsi logika matematika digital yang biasa disebut
IF(jika). Dibawah ini adalah perbedaan microsoft word dan exel aplikasinya.
No
|
Ms. Excel
|
Ms. Word
|
1.
|
Terdapat
kolom dan baris
|
Tidak
terdapat kolom dan baris
|
2.
|
Terdapat
name box
|
Tidak
terdapat name box
|
3.
|
Terdapat
formula bar
|
Tidak
terdapat formula bar
|
4.
|
Tidak
terdapat number of words dan page number in document
|
Terdapat
number of words dan page number in document
|
5.
|
Toolbar
terdiri dari : home, insert, page layout, formulas, data, review, dan view
|
Toolbar
terdiri dari : home, insert, page layout, references, mailings, review, view,
design dan layout
|
6.
|
Nama file
default Book1
|
Name file
default Document1
|
7.
|
Memakai
sheet
|
Memakai
page
|
8
|
Terdapat 2
kontrol jendela
|
Terdapat 1
kontrol jendela
|
9.
|
Tidak terdapat page number
in document
|
Terdapat page number in
document
|
10.
|
Tidak terdapat ruler
|
Terdapat ruler
|
Kegunaan
Micrososft word & Microsoft exel
I.
Microsoft Word
1.
Membuat Dokumen
Aplikasi Microsoft Word berfungsi untuk membuat dokumen yang dapat dicetak
dengan berbagai ukuran kertas.
2.
Mengedit Dokumen
Aplikasi Microsoft Word dapat digunakan untuk mengedit dokumen lain baik
dokumen yang dibuat dari aplikasi Microsoft Word itu sendiri maupun dari
aplikasi pengolah kata lainnya.
3.
Memformat Dokumen
Microsoft Word memungkinkan pengguna membuat dokumen yang lebih profesional
dengan pilihan format dokumen yang beragam. Misalnya ukuran kertas, jenis
huruf, warna huruf, catatan kaki, penomoran, hingga equation matematika.
II.
Microsoft Exel
1.
Membuat,mengedit,mengurutkan,menganalisa,meringkas
data.
2.
Melakukan perhitungan aritmatika dan statistik.
3.
Membantu menyelesaikan soal – soal logika dan matematika.
4.
Membuat berbagai macam grafik dan diagram.
5.
Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun
laporan keuangan.
6.
Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman,
penjualan, investasi, dan lain – lain.
7.
Melakukan analisa serta riset harga.
8.
Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun
universitas.
9.
Melakukan konversi mata uang.
10.
Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.
11.
Dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar